Langsung ke konten utama

đź“š NICE HOME WORK -- NHW #6 MATRIKULASIđź“š

_NICE HOMEWORK #6_

*BELAJAR MENJADI  MANAJER KELUARGA HANDAL*

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal.

Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu

*_RUTINITAS_*

Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

1⃣ Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

2⃣Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

3⃣Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

4⃣Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

5⃣Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

6⃣Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

7⃣Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

_SELAMAT MENGERJAKAN_

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Akhirnya setengah perjalanan matrikulasi ini membuat saya banyak belajar. Bahwa bukan hanya ilmu saja yang penting, prakteknya jauh lebih penting… 😂

NHW #6 lumayan selow² sedeph! Karena tantangannya bener² bikin muvon dari hal² yang tidak penting [yang paling tidak mungkin di lakukan sama manajer keluarga].

Bismillah… AKU MANAJER KELUARGA HANDAL

Rutinitas saya » bangun tidur, sholat, belanja/masak, jemur baju, memandikan anak, suapin anak, menidurkan si kecil lanjut me time, main sambil nyambi nyapu beberes, main di luar, suapin anak lagi, bersih diri, sholat, menidurkan si kecil lagi lanjut me time, angkat jemuran, main di luar, memandikan si kecil, bersih diri, sholat, suapin anak lagi, ngajak main si kecil, menidurkan si kecil, beberes rumah. Me time, tidur.

1⃣ Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

Aktivitas penting

Merawat, menjaga, dan menemani si kecil

Me Time/Passion Time-- Membaca, Menulis portofolio anak, mapping materi, Mengelola olshop

Mengelola rumah tangga -- menyiapkan kebutuhan suami dan mengatur rumah

Aktivitas tidak penting

Kepo in medsos orang

Ngerumpi di medsos

Apalagi yaaa… 😰 Menemani si kecil dengan gadget an. (Sebenarnya ini akibat dr aktivitas tidak penting 1 dan 2)

2⃣Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

Aktivitas penting pertama. Merawat, menjaga dan menemani si kecil. Lalu aktifitas penting yang kedua, namun biasanya 15% keselip aktifitas tidak penting 1, 2 dan 3 di aktifitas penting kedua. Harus mengencangkan ikat kepala biar yg 15% ini hilang

3⃣Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

SIAP! Bismillah!

4⃣Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

[04:00]  Mandi, Wudhu, Sholat Subuh
[04:35] Wash Clothes
[05:30] Cooking
[06:00] Wash plates+KitchUtt
[06:15] DryClothes
[06:30] Sarapan Ichan dan Ayah
[07:00] Memandikan Ichan
[07:15] Morn Care
[07:20] Mosquitos Hunter
[07:30] SleepMorning Ichan

[08:00] Me Time (Dinamis) + Sarapan Bunda
[09:00] PlayTime [Playing Outside and Inside]
[11:30] Dzuhur
[11:45] Lunch w/ Ichan
[12:30] Mosquitos hunter
[12:45] Playing Inside

[13:00] SleepNoon [Me Time -- Dinamis]
[14:30] PlayTime
[14:45] TakeDry clothes

[15:00] Playing Outside

[16:00] Bath
[16:15] Baby bath
[16:30] Ashar
[16:45] Makan Ichan
[17:00] PlayTime Inside
[17:30] Maghrib
[17:45] PlayTime Inside
[19:15] SleepTight for Ichan

[19:30] Isya’

[19:45] Laundries, dan beberes

[20:15] Membuat catatan keuangan dan portofolio Ichan
[20:30] Night Care

[20:45] Diner sama paksu

[21:00] Me time [Dinamis]

5⃣Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda. InshaaAllah, hal ini saya siasati dengan membuat jadwal dinamis untuk esok setiap jam 21:00

6⃣Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

Jujur saya bingung mengaturnya kalau harus terprogram dari jam sekian ke sekian untuk jadwal dinamis (memperbanyak jam terbang). Karena aktifitas rutin saya kebanyakan aktifitas dinamis (memperbanyak jam terbang di program Bunda Sayang). Jadi kegiatan rutin inilah praktek saya, jam terbang saya. Ada bagian-bagian dimana aktifitas rutin bisa saya skip adalah ketika si kecil saya sudah tidur. Dan waktu ini saya jadikan waktu untuk menambah ilmu dan mengaplikasikanya sebagai jembatan untuk milestone saya selanjutnya [Bunda Cekatan--Manajemen Rumah Tangga], saya menyebutnya passion time. Me time.

Dinamis:

Every day --

Jam 08:00-09:00 -- Me time (Mengelola Olshop)

13:00-14:00 -- Me time (Belajar, Membaca, membuat mapping materi, menulis)

20:30 -22:00 -- Mengatur kebutuhan suami dan rumah. Membuat catatan keuangan, dan portofolio Ichan. Family forum.

Setiap Senin 08:00-09:00 -- Mengunyah materi Review NHW Matrikulasi

Setiap Selasa 08:00-09:00 Mengunyah materi Baru Matrikulasi --  20:00 -21:00 Diskusi Matrikulasi

Setiap Sabtu 07:00-15:00 -- Berkunjung ke mbah kung dan utti

Setiap Sabtu dan Minggu -- Muroja’ah bersama suami pkl. 20:30

7⃣Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan. Siap!!! BISMILLAH!!!

Warm Hug,

😘

Prima Dona Dewi Yanuari untuk NHW #6 Matrikulasi

Postingan populer dari blog ini

Terimakasih

Terimakasih Ucapan yang di sampaikan atas dasar kebaikan yang telah seseorang berikan kepada kita, baik berupa pertolongan maupun pemberian. Namun jarang sekali menemui seseorang berterimakasih atas dasar perlakuan buruk seseorang kepada kita ya? Boro-boro bilang makasii, melipir sambil diem aja udah untung yesh. :p Padahal pada dasarnya semuanya baik. Kenapa dasarnya baik? 👇 Misal aja nih... Bisa jadi kita meminta kepada Allah agar kita memiliki hati yang lapang dan ikhlas. Ndak mungkin donk kalau kita ujug² ikhlas dan berhati lapang kalau ndak di kasih 'pelajaran-pelajaran' berharga dulu dari ujian kehidupan? Ibaratnya harapan² itu seperti berlian, pastilah kelihatan berkilau baik ketika sudah di tempa panas maupun belum. Namun ketika sudah di tempa panas, bentuknya akan lebih cantik lagi... lebih berkilau lagi... dan pastinya lebih bernilai tinggi. Kalau kata paksu, niat itu nilainya 1. Dan kalau di aktualiasi jadinya bernilai 10. . Niat kita agar hati kita lapang d

Ikhlas :)

Pas jalan-jalan di linimasa twitter, dan nemu ini di akun @kupinang yang tak lain dan tak bukan adalah akun milik Ust. Mohammad Fauzil Adhim... Hihihi. Semoga bermanfaat bagi semuanya. :) Oleh: Ust. Mohammad Fauzil Adhim Inilah Sufyan bin Sa'id Ats-Tsauri, seorang ulama hadis yang sangat berpengaruh. Keutamaannya dalam ilmu hadis membuat Yahya bin Ma'in dan beberapa ulama lainnya memberi julukan "Amirul Mukminin fil Hadits". Hanya dua orang yang pernah mendapat julukan tersebut, satu lagi adalah Malik bin Anas, meskipun keduanya bukanlah orang yang menyukai gelaran-gelaran hebat yang disematkan kepadanya. Ini merupakan gelaran yang dikatakan orang atas dirinya, bukan dianugerahkan kepadanya lalu diterima dengan hati bangga. Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah Ta'ala pernah mengingatkan kita, ”Tidaklah aku obati sesuatu yang lebih berat daripada mengobati niatku, sebab ia senantiasa berbolak-balik pada diriku.” Apa maknanya? Tidak ada yang lebih berat dalam

Hati ini milik Allah... <3

Hai hati, apa kabarmu hari ini? Aku berharap engkau sebaik yang aku inginkan... Bahkan lebih dari itu... Nice! I got my true feelings... Im hurt. Cause this missing piece. Hey, you over there, have you feel the same feelings like me? Sudahhh... Aku memang perlu untuk harus menganggap waktu dan jarak hanya sekedar angka. Bukan lagi sebagai kerangka yang membuatku semakin tua dalam hitungan angka itu, kan? Sisa waktu long distance semakin tipis saja, itu tandanya temu akan segera tergapai. Tapi jangan lupakan... Itu pula tanda long distance relationship ini semakin lama kita nikmati. Sebagaimana roti yang harus kita nikmati dengan selainya, entah coklat, susu, kacang, atau sekedar madu. Begitupula hubungan ini. Hak sepenuhnya ada di tanganmu, sayang. Harapku tak rumit. Hanya inginkan semua baik-baik saja, sampai berujung temu yang bukan sekedar harapku. Tapi juga harapmu. So? Will you go in chance make it come true? Or you just wanna make it enjoy by your side only? Entahlah. Hati in