_NICE HOMEWORK #5_
_MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #2_
π *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*π (Learning How to Learn)
Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.
Saya tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi IIP/
Learn How To Learn
Oleh: Prima Dona Dewi Yanuari
Menengok NHW² pendahulu yang kece abis. Dan udah niat banget ngerjainnya. π
Dan sampailah kami di titik ⅜ perjalanan matrikulasi kami yang punya gawang 11 NHW. Mau bilang setengah perjalanan juga masih belum setengah. Jadi ya sebut saja masih ⅜ hehe^^ Aslinya sih, di kepala ini udah muter kayak gasing setelah dapat NHW #5… Nul putul gak ngerti apa².
Ok. Kali ini “cuma” di tugaskan membuat Design Pembelajaran. Cuma? Saya aja ga ngerti design pembelajaran itu apa… hehe. Tapi sayang banget kalau harus nyerah di level ini? Akhirnya buka² referensi… Bunda Cekatan -- Learn How To Learn dan browsing sana sini untuk melengkapi kompetensi dasar pendukung.
Design Pembelajaran menurut saya adalah Desain = rancangan = rencana
Pembelajaran = hal-hal / target yang ingin di pelajari.
Rancangan/Rencana yang di buat untuk mempelajari sesuatu ilmu (target ilmu)
Dalam buku Bunda Cekatan dituliskan beberapa poin mengenai Learn How To Learn:
Tujuan Belajar
Tahapan Belajar
Gaya Belajar
Strategi Belajar
Dan saya rasa, poin² tersebut bisa menjembatani saya dalam membuat “Design Pembelajaran” Bismillah…
Tujuan Pembelajaran
Saya menyebut tujuan pembelajaran ini adalah apa yg saya tulis di indikator. Karena tujuan saya ya mensukseskan target-target saya yg se abrek di indikator tsb.
Tahapan Belajar » saya mulai dengan menentukan kompetensi dasar yang ingin saya capai beserta indikator keberhasilannya. Saya menyusun Kompetensi Dasar sesuai dengan Milestone KM yang telah saya tulis di NHW #4, kemudian menyusun indikator dengan referensi Review Materi NHW #2 sebagai berikut. Saya memakai indikator ini karena di dalamnya terdapat kompetensi yang sesuai dengan ilmu yang saya fokuskan dalam hidup ini.
BUNDA SAYANG
a. Apakah anak-anak semakin senang dan bangga dididik oleh ibunya?
b. Apakah suami semakin senang dan bangga melihat cara istrinya mendidik anak-anak, sehingga keinginannya terlibat dalam pendidikan anak semakin tinggi?
c. Berapa ilmu tentang pendidikan anak yang kita pelajari dalam satu tahun ini?
d. Berapa ilmu yang sudah kita praktekkan bersama anak-anak?
BUNDA CEKATAN
a. Apakah manajemen pengelolaan rumah tangga kita menjadi semakin baik?
b.Apakah kita sudah bisa meningkatkan peran kita di rumah? Misal dulu sebagai “kasir” keluarga sekarang menjadi “manajer keuangan keluarga”.
c.Berapa ilmu tentang manajemen rumah tangga yang sudah kita pelajari dalam satu tahun ini?
d.Berapa ilmu yang sudah kita praktekkan dalam mengelola rumah tangga
BUNDA PRODUKTIF
a. Apakah kita semakin menemukan minat dan bakat kita?
b. Bagaimana cara kita memperbanyak jam terbang di ranah minat dan bakat kita tersebut?
c. Apakah kita merasa menikmati (enjoy), mudah (easy), menjadi yang terbaik (excellent) di ranah minat dan bakat kita ini?
d. Bagaimana cara kita bisa produktif dan atau mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan anak dan keluarga?
BUNDA SHALEHA
a. Nilai-nilai apa saja yang kita perjuangkan dalam hidup ini?
b. Apa yang ingin kita wariskan di muka bumi ini, yang tidak akan pernah mati ketika kita tiada?
c. Program berbagi apa yang akan kita jalankan secara terus menerus?
d. Apakah kita merasa bahagia dengan program tersebut?
Setelah menyusun indikator ini, sekarang proses saya berada di KM 3-4. Bunda Cekatan. Untuk itu tahapan belajar lanjutan yg ingin fokus saya buat design pembelajarannya adalah ilmu-ilmu mengenai bunda cekatan dan tentunya praktek langsung di kehidupan sehari-hari.
Menyusun Kompetensi Dasar » Merumuskan Indikator Keberhasilan » Mencari/Menambah Ilmu Pendukung Indikator Keberhasilan » Pelajari » Praktek
3. Gaya Belajar
Saya tipe visual auditory. Jadi saya berbinar ketika belajar dengan cara membaca buku, membaca artikel, browsing di internet, serta mendengarkan penjelasan mentor ketika diskusi atau seminar. Mentor setia saya adalah paksu. Jadi ketika saya masih belum mengerti tentang beberapa materi, saya serahkan kepada beliau dan memintanya untuk menjelaskan. Disitu saya baru ‘ngeh’. Termasuk kasus di NHW #5 ini… π Namun gaya belajar auditory hanya ketika saya berada di samping mentor, kebanyakan saya belajar dengan tipe visual.
4. Strategi Belajar
Memaksimalkan minat dan bakat.
Mengaplikasikan 5W 1H
What--When--Where--Who--Why
How
Mengikuti kelas Matrikulasi IIP
Membaca buku seputar kompetensi Bunda
Mengikuti, menyimak, dan membaca resume Kulwap
Bertanya kepada fasilitator/narasumber Kulwap
Membuat mind mapping materi yang di dapat
PAHAMI!!!
PRAKTEKKAN!
ππππππππππππππππ
Kompetensi Dasar Ibu
Bunda Cekatan
Indikator
Mengelola rumah tangga dengan baik
Meningkatkan peran Ibu dan Istri
Menambah Ilmu mengenai Bunda Cekatan
Mempraktekan ilmu mengenai Bunda Cekatan.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran:
1. Memperbaiki Manajemen waktu dengan membuat daily schedule, planning tommorow @20:00, evaluating @20:30 in family forum
2. Mengatur Finansial keluarga dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran harian dan membuat Rencana Anggaran setiap akhir bulan
3. Menjaga rumah tetap bersih dan nyaman dengan Do Laundries @19:30, Sweep home 05:00
4. Mengaplikasikan Safety Riding and Walking dengan memakai sandal atau sepatu flat, kaos kaki, rok simple, celana panjang, helm, jaket. Gendongan kuat. Baju hangat. Selimut. Topi bayi.
5. Membangun Home team yang bagus dengan mind/life mapping, Mastermind project
6. Menciptakan suasana Dapur ceria dengan manajemen menu, stock bahan, dan kebersihan dapur
7. Membuat portofolio harian/mingguan untuk anak
8. Menemaninya belajar dan bermain tanpa gadget
9. Belajar ttg Materi KM 0-KM 5 beserta praktek jika memungkinkan. Ketika anak tidur. 5 jam/hari.
π£π£π£π£π£π£π£π£π£π£π£π£π£π£
Kompetensi Dasar untuk Buah Hati
Aspek Moral dan Agama
Aspek Sosial, emosional, dan kemandirian
Aspek Bahasa
Aspek Kognitif
Aspek Fisik/Motorik
Aspek Seni
Indikator
1). Pengenalan diri sendiri ( Perkembangan konsep diri)
2). Pengenalan perasaan (Perkembangan emosi)
3). Pengenalan tentang Orang lain (Perkembangan Sosial)
4). Pengenalan berbagai gerak (perkembangan Fisik)
5). Mengembangkan komunikasi (Perkembangan bahasa)
6). Ketrampilan berfikir (Perkembangan kognitif)
Rencana Pelaksanaan
※Memperkenalkan ke anak waktu sholat, saat adzan lalu mengambil wudhu
※Memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran
※Memperkenalkan alam dan ciptaanNya ke anak
※Mengawali segala sesuatu dengan do’a. Minimal Basmallah…
※Mengajarkan salam dan salim ke keluarga ketika hendak bepergian atau kunjungan silaturahmi
※Menanamkan kedisiplinan dan habits yang baik dengan memberinya jadwal, makan, main, dan tidur yang teratur setiap harinya.
※Menanamkan sikap hormat ke orang yang lebih tua dengan memberi contoh yang baik bagaimana berperilaku kepada yang lebih tua
※Membantu anak mengungkapkan apa yang di inginkannya dengan baik
※Melatih keberanian anak untuk mandiri, misal ketika bermain agak jauh dengan ibu dia tidak menangis lagi.
※Membantu anak memberi nama keinginannya atau kegiatan yang dilakukan. Dan melatihnya dengan perintah, misal ketika anak bisa berdiri. Kita menyebutnya “yeaaij, berdiri” lalu nanti ketika kita melakukan perintah berdiri, anak memahaminya.
※Membantu anak menyebutkan benda² yang ada di sekitarnya dengan memperkenalkannya.
※Membuat anak faham menterjemahkan perintah dan keinginan sekitarnya
※Membantu anak mendapatkan makanan seimbang, bergizi dan sehat. Agar tetap sehat dan melakukan aktifitas motorik dengan baik.
※Memberikan anak media pendukung untuk melatih sensori motorik dan fokus
※Mengurangi kegiatan gadget
※Mengajak anak menari, menyanyi, senam, mengenal warna, mendengarkan lagu, mengenal bentuk, mengenal bunyi, suara hewan, ekplorasi alam, dll
Referensi:
Buku Bunda Cekatan, materi Learn How to Learn
http://paud-azaria.blogspot.com/p/standar-kompetensi-anak-usia-dini.html?m=1
Materi #2 Matrikulasi IIP batch #2
NHW 1-4 By Prima Dona Dewi Yanuari
Warm Hug,
π
Prima Dona Dewi Yanuari for NHW #5