Langsung ke konten utama

FirstFlight!

Kedengarannya lucu mungkin ya kalau aku cerita first flight experience, padahal aku gak pernah naik pesawat. Haha. Tapi kali ini, cerita suami yang baru aja punya first flight experience. Tulisan ini suami buat khusus untuk menyemangati istrinya yang lagi lembek semangat nulis. Makasii ya, sayang. Bunda seneng. Semoga bisa inject semangat yg lebih besar lagi buat adek. Aku posting di sini, mas. Biar nanti adek fudzna tau kala ayahnya pernah naik pesawat... Haha. Terdengar peyang ya?

Kelak, jika fudzna sudah bisa baca. Bunda kasih tau pesan yang di kirim ayahmu ini, Nak. Dikirim pas ayah baru sahur di China sana. Dan bunda disini masih tidur. Disana ayah sahur jam 02:30, Nak. Kedengarannya pagi, hampir sama seperti Indonesia. Tapi karena di Indonesia dan China beda 1 jam, Nak. Bunda masih tidur. 02:30 waktu summer China = 01:30 waktu Indonesia. Jadi deh, bunda bangun dan baca message ayah ini dan akhirnya bangun sekalian deh, Nak. Eh, udah gitu bunda di tinggal tidur lagi, Nak. Dasar ayah! Ayah capek semalaman begadang gara-gara harus bangunin temen-temen ibu yang masak jam 01:00 waktu china = jam 00:00 waktu indonesia. Hehe, selamat membaca ya nak...

First experience about flight

Okay. Ini bukan tulisan "about english". Its all about "tulisan indonesia"
Istriku pinter nulis masa suamine gak bisa. Hehehe tenang ae istriku. Aku gak niat nyaingi. Cuman niat share. Gak niat ngeblog. Cuman niat curhat. Gak butuh dibaca banyak orang. Cukup dibaca istriku. Jadi... Hehe ndak niat nyaingi bojo nih onna sayang :-*

Okay, cukup pembukaannya biar ndak kebanyakan kata mutiara (eh bukan sampah lhow)

Tanggal 26 juni 2014. Hari keberangkatanku menuju negara China. Agenda keberangkatan pukul 12.10 dan check in keberangkatan internasional adalah 3 jam sebelumnya. So,  pukul 9 pagi minimal sudah sampai di bandara juanda. So lagi, berangkat dari malang minimal pukul 5.

Agenda siap. Bontot siap. Yg antar jg siap. Kami sekeluarga berangkat. Saya  mahfud,  istri,  onna tersayang,  ibu sukanti orangtua kandung saya yg tersisa,  mbak mus,  kakak perempuan kandung satu2nya,  beserta 2 anaknya,  mas fauzi,  kakak laki2 sekaligus sopir beserta 1 anaknya dan 1 mertuanya

Kami bersembilan berangkat tepat pukul 5 dan setelah mengalami kemacetan dan kelancaran sampai juga di terminal juanda.

Okey.  Cukup sampai disini "tulisan formalnya"  lets the story begin

Masalah 1. Bukan masalah besar
Saya mendapat info dari teman saya di wa. Berangkat dari terminal internasional juanda,  terminal 2
Akan tetapi.....

Sek sek Ojok tegang alaaah.  Kan amean wez ngerti ceritane. Salah terminal, terus ngebut ke tempat tujuan asli terminal 2 dan berangkat.
Lek wez ngerti ngunu lha lapo aku cerito. Pak pok kan. Amean wez ngerti.
Okey fix. Tepat. Iku masalah satu, enek cerito pengen e gak diceritakno soal e amean wez ngerti, tapi lek gak ditulis maleh gak lengkap.
(okey clear, lupakan kalimat terakhir. Masalahnya bukan di situ tp di salah terminal itu aja ben sing mbaca mesem)

Masalah kedua.
Nah yg ini baru secret. Soal e amean udah gak tahu. Gak liat. Dan durung takceritani.
Sek sek gak usah ngatur posisi duduk serius ngunu (sok tau yow aku yank,)
Perjalanan masih panjang (ceritae maksudku bukan jarak e. Kalo jarak yah jelas jauh)

Saat penimbangan bagasi. Ternyata aku kebelet pipis. Jadi aku dgn 2 temenku,  pak Machrus dan pak Suyanto pengen menjajal toilet bandara.  Yak seperti dugaan. Toiletnya pake kran tak bertuas. Menggunakan sensor yg jika tangan digoyang di bawah kran terus ngalir itu lhow. Kayak di mcD.
Selain itu normal.  Kencing jg begitu.
Nah yg paling bikin jadi pengalaman baru. Ternyata di depan pintu masuk ada penjaga yg ngawasi. Tugasnya?

Dia selalu masuk dan mengepel jika ada air tercecer. Dan jika ada yg kencing di wc, dia ngepel juga wcnya. Hmmmmm ini yg dimaksud toilet kering (kata pak degeng direktur pasca waktu ngasih budaya culture china kemarin)
Jadi kalo indonesia suka gaya basah itu bersih. Kalo internasional, menganggap kering itu bersih.

Akibatnya saya risih juga ketika ada turis masuk toilet dengan bagasinya diseret masuk. Gmana gak risih. Bayangan kita kan toilet tempat kotor. Masak nyeret koper mahal di toilet.
Nah disitu saya baru paham kenapa toilet internasional selalu dijaga tetap kering. Salut. Kena 1 culture shock aku.  1 kebudayaan yang tak sesuai adat kita.

Masalah ketiga
Ini dia. Bagasi lolos. Sekarang check tubuh dan barang tambahan. Tas kecil, tas tenteng,  hape,  masuk roda berjalan dan saya memasuki scanner tubuh. Hmmm dicek, gak ada protes ya saya lewat saja. Tapi gak tau kenapa kok dipelototin ae. Tapi lolos. Bagaimanapun kan yg penting lolos ya kan yank? Hehe sampai akhirnya nyampe di gate 9 dan nunggu jam 12.10.

Surprise 4. Anggep ae masalah 4 gt lhow yank...

Aku selalu membayangkan kalau kapal akan mendekat dan kita lewat gerbang dipintu yg langsung nyambung ke pesawat seperti di game airport mania. Tp apa? Ternyata kami justru menuruni tangga. Dan di bawah? Dijemput bus. Baru dari situ kami masuk. Berdiri. Pegangan. Kami diantar ke pesawat.
Di pesawat kami naik tangga dan segera duduk sesuai kursi tiket.

Masalah 5
Ini yg kutakuti. Take off.
Saya duduk 3 orang. Di samping pak fajar dan pak setiono. Sial e aku dapat tempat jauh dr jendela.
Okey. Pesawat berangkat. Kayak naik bus. Dan ada instruksi keselamatan dan sabuk pengaman. Kayak opera gitu liat e.

Dan setelah pramugari dan pramugara duduk. Pesawat berhenti. Ada suara berdengung kencang. Jalan! Ngebut! Tau2 kayak naik lift. Pusing. Mabuk. Jadi satu. Dan pemandangan kapal jd mengecil. Tegang beberapa saat sampai akhirnya tenang. Kata pak fajar "kita sudah di ketinggian 6rb kaki. Aman"
"aman?! " pikirku. Aku tegang bukan main justru di atas sini. Hufft setelah itu kami dapat makan. Sedikit. Bukan seleraku. Tapi ya jd enak ae wong lg lapar. Nasi goreng apa gitu

Masalah 6.
Nah. Ini. Tiba2 ada peringatan pake sabuk pengaman karena melewati cuaca buruk.  Deg! Aduh!
Jantungku berdetak bukan maen dek. Sayap pesawat iku goyang2 kena angin awan. Ya Allah Astagfirullah hal adziim
Sambat thok aku selama itu. Beneran yank. Takut. Belum siap mati. Durung duwe anak. Durung nyenengno bojo. Durung hajino ibu.  Aduuuh. Piye lek swiwine iku ocol?
Akhirnya ada tanda lepas sabuk pengaman. Alhamdulillah. Amaan. Hufff. Lega... Dan tau2 ada pengumuman sudah di atas singapura.

Masalah finale.
Landing.
Tiba2 ada pengumuman pasang sabuk pengaman. Dan pengumuman pesawat akan mendarat.
Pesawat mulai berputar2. Oke. Ini rasanya kayak jet coaster. Gravitasinya kerasa sekali. Trus setelah miring2 (barangkali nepatin sasaran ke landasan pacu). Tiba2 pesawat tenang dan mulai menukik turun.
Gak keliatan. Tapi kerasa.
Kepala serasa berat. Badan ditarik. Ufff trus mulai kedengaran suara roda dikeluarkan.
Pelan pelan pelan terjadi goncangan gesekan ban dan aspal. Dan goncangan kedua untuk ban kedua (gak tw yg mana yg turun dulu)
Baru setelah pake ban. Hati rasanya tenang. Kayak naik bis lagi. Dan akhirnya kapal muter2. Baru bisa menikmati pemandangan di sekitar klia. Kuala Lumpur International Airport. Gak gitu bagus. Tapi ini lah pertama kali saya menginjak tanah luar negeri.

Itulah pengalaman pertama saya naik pesawat.
Disini saya belajar. Yg paling bahaya dari naik pesawat ketika take off dan landing. Pantes ae para calon jamaah haji selalu keluar watak aslinya ketika mereka sampai di mekkah. Hal itu dikarenakan kepanikan yang baru mereka alami ketika landing dari pesawat.

The end

Hehe bosen yah. Pasti capek nungguin kapan tulisan membosankan ini kelar.
Tapi ya itulah yg kualami. Panjang?  Iyah. Menulis itu ternyata capek. Dan butuh waktu lama. Ini yg saya pelajari kedua.
Kuharap ceritaku ndak membosankan yah yank. Memang suamimu gak jago menulis. Tapi paling gak kan aku berusaha. Penulis yg baik kan yg bisa bikin orang pengen tau banget tulisan tersebut sedalam-dalamnya dan takut ada tulisan yang terlewat. Bukan membuat pembaca pengen segera tahu akhirnya saja
Dan mas belum sampai level itu. Adek yg sudah. Jadi jangan capek nulis yah. Ini buat penyemangat amean sebagai penulis.
Mas adalah orang yang paling mengakui kemampuan Adek menulis. Jadi jangan Nyerah. Tetep nulis yah sayang. Aku tau misal amean rak ceritani pengalamanku ini lisan, pasti amean bisa menuliskannya juauh lebih bagus dari mas. Mas yakin itu!

Oke. Sekian saja. Sebetulnya masih banyak yang mau saya ceritakan tetapi apa daya tulisan membosankan ini tidaklah akan menyenangkan untuk amean cermati terlalu mendalam.
Okey,  xie xie

Postingan populer dari blog ini

Terimakasih

Terimakasih Ucapan yang di sampaikan atas dasar kebaikan yang telah seseorang berikan kepada kita, baik berupa pertolongan maupun pemberian. Namun jarang sekali menemui seseorang berterimakasih atas dasar perlakuan buruk seseorang kepada kita ya? Boro-boro bilang makasii, melipir sambil diem aja udah untung yesh. :p Padahal pada dasarnya semuanya baik. Kenapa dasarnya baik? 👇 Misal aja nih... Bisa jadi kita meminta kepada Allah agar kita memiliki hati yang lapang dan ikhlas. Ndak mungkin donk kalau kita ujug² ikhlas dan berhati lapang kalau ndak di kasih 'pelajaran-pelajaran' berharga dulu dari ujian kehidupan? Ibaratnya harapan² itu seperti berlian, pastilah kelihatan berkilau baik ketika sudah di tempa panas maupun belum. Namun ketika sudah di tempa panas, bentuknya akan lebih cantik lagi... lebih berkilau lagi... dan pastinya lebih bernilai tinggi. Kalau kata paksu, niat itu nilainya 1. Dan kalau di aktualiasi jadinya bernilai 10. . Niat kita agar hati kita lapang d

Ikhlas :)

Pas jalan-jalan di linimasa twitter, dan nemu ini di akun @kupinang yang tak lain dan tak bukan adalah akun milik Ust. Mohammad Fauzil Adhim... Hihihi. Semoga bermanfaat bagi semuanya. :) Oleh: Ust. Mohammad Fauzil Adhim Inilah Sufyan bin Sa'id Ats-Tsauri, seorang ulama hadis yang sangat berpengaruh. Keutamaannya dalam ilmu hadis membuat Yahya bin Ma'in dan beberapa ulama lainnya memberi julukan "Amirul Mukminin fil Hadits". Hanya dua orang yang pernah mendapat julukan tersebut, satu lagi adalah Malik bin Anas, meskipun keduanya bukanlah orang yang menyukai gelaran-gelaran hebat yang disematkan kepadanya. Ini merupakan gelaran yang dikatakan orang atas dirinya, bukan dianugerahkan kepadanya lalu diterima dengan hati bangga. Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah Ta'ala pernah mengingatkan kita, ”Tidaklah aku obati sesuatu yang lebih berat daripada mengobati niatku, sebab ia senantiasa berbolak-balik pada diriku.” Apa maknanya? Tidak ada yang lebih berat dalam

Hati ini milik Allah... <3

Hai hati, apa kabarmu hari ini? Aku berharap engkau sebaik yang aku inginkan... Bahkan lebih dari itu... Nice! I got my true feelings... Im hurt. Cause this missing piece. Hey, you over there, have you feel the same feelings like me? Sudahhh... Aku memang perlu untuk harus menganggap waktu dan jarak hanya sekedar angka. Bukan lagi sebagai kerangka yang membuatku semakin tua dalam hitungan angka itu, kan? Sisa waktu long distance semakin tipis saja, itu tandanya temu akan segera tergapai. Tapi jangan lupakan... Itu pula tanda long distance relationship ini semakin lama kita nikmati. Sebagaimana roti yang harus kita nikmati dengan selainya, entah coklat, susu, kacang, atau sekedar madu. Begitupula hubungan ini. Hak sepenuhnya ada di tanganmu, sayang. Harapku tak rumit. Hanya inginkan semua baik-baik saja, sampai berujung temu yang bukan sekedar harapku. Tapi juga harapmu. So? Will you go in chance make it come true? Or you just wanna make it enjoy by your side only? Entahlah. Hati in