Langsung ke konten utama

RESUME KULWAP IIP #2 MALANG RAYA W/ Bunda Ivanna

Resume kulwapp iip 2⃣Malang raya, 9 sept 2016

👸🏻Host: Tri putri
👸🏻co host: Primma dona
📝notulen: Susi firdausa
🎙Narsum: bunda ivvana

*🎗Stimulasi Tumbuh Kembang Anak dlm masa Golden Age🎗*

👒 Umma Ivvana (pendiri Solusi Psikologi Indonesia ; Rumah Bermain Anak Andalusia Kids After School). Ibu dari 2 anak yg masih terus belajar.
_________________

Alhamdulillah segala puji Allah kita dipertemukan dlm forum ini,

Untuk mengingatkan kita, bahwa fitrah adlh jalan sukses anak - sunatullah adalah cara meraih sukses-maka doa adalah kunci kesuksesan.

Sehingga, tugas kita adlh membersamai Ananda dlm untk bs mengembangkan potensi yg dimilikinya. Agar Ananda kelak  memiliki peran serta inovasi dlm lingkungannya.

🍃Perkembangan sosial, sensori,motorik anak dipengaruhi oleh lingkungan, khusunya pd usia keemasannya.

🍃Sistim motorik, sensorik & reflek merupakan sistim yg  saling berhubungan. Sistim motorik berkaitan dgn  gerakan otot, sistem sensori menempatkan manusia berhubungan dgn lingkungannya (sensasi). Reflek adlh jawaban dr rangsangan yg diterima.

🍃Sensori integrasi merupakan suatu proses neurologi, dlm mengatur dan memberikan respon sesuai dgn rangsangan yg diterima.

🍃 perkembangan motorik berkembang sejalan dgn kematangan saraf&otot. Sehingga setiap gerakan adlh hasl interaksi yg kompleks dr sistim tubuh yg dikontrol olh otak.

🍃Jk terjadi gangguan dlm fungi otak yg menghambat kemampuan dlm mengatur dan menerjemahkan sensori motor, bs menjadi penyebab gangguan pd tumbuh kembang pd anak, seperti kesulitan bicara, gangguan konsentrasi, kekacauan sosial,emosional,dll.

🌸🌸NOTe;
1. Penggenggam hati anak adlh Allah

2. Masa Golden age = masa2 awal hidupnya di dunia.

3. Anak adlh peniru ulung

4. Setiap tahapan anak memiliki kelebihan yg berbeda.

5. Proses aktifitas anak dr palng sederhana ke rumit. Ex. Merangkak -> berlari

6. Pahami bahwa setiap anak berbeda

7. Semakin luas wilayah/lingkungan anak beljar mk semakin mendukung perkembangan mental, otak, dan fisiknya.

8. Kegiatan sensori motorik dilakukan dgn BERMAIN & hindari permainan yg akhirnya ada pelabelan pd anak menang dan kalah.

*SESSI TANYA JAWAB*
1⃣ Prima -- Permainan apa yg bisa di lakukan bersama si kecil yg berusia 1 th? Dan metode pembelajaran seperti apakah yg recomended?

1⃣Bunda Prima yg disayang Allah, permainan yg bs dilakukan pd ank usia 1 thn dgn target perkembangan:

1. Merangkak ke segala arah,duduk tegak tnp bantuan, berdiri tegak,latian berjalan,merangkak menaiki tangga -> motorik kasar

2. Menjemput benda,meremas kertas&plastik,melempar benda,m au memegang benda (pensil,bolpen,sendok,dan sejenisnya), menumpahkan benda dan memasukkannya lg ->  motorik halus

3. Berusaha meniru mimik muka, menyenangi cilukba,menunjukkan reaksi tdk suka, bermain sendiri maupun jk ada lawan bermain-main-> sosial emosi

4. Mencari sumber suara, mencari benda yg dijatuhkan, mulai memahami sebab akibat sehingga ada kecendrungan pengulangan aktivitas, menunjuk dan menanyakan, eksplor lingkungan -> kognitif

5. Merespon jk namanya dipanggil, mengucap suku kata berulang, mulai mengenal beberapa kata,merespon pertanyaan ya atau tidak, menyebut nama sendiri-> bahasa.

Metode yg dipakai pada dasarnya untuk merangsang sensori,sosial,motorik,kognitif,bahasa adalah dgn komunikasi 2 arah serta modelling.
masing2 anak perkembangannya berbeda sehingga bunda tidak perlu terlalu risau jika pada Ananda belum memenuhi semua target di atas. Namun, rangsangan tetap hrs diberikan, silahkan Bunda observasi perkembangan Ananda, misal lemah pd verbalnya seringlah berkomunikasi 2 arah, atau Ananda lemah pd motorik halusnya, berilah permainan yg membuatnya tertarik dgn disiasati media yg warna-warni, atau bermain dgn melibatkan air,krn rata2 anak2 senang dengan air..selain itu jg pada usia ini anak2 pd fase sensori motor, ia akan lbh mudah menyerap informasi melalui indra2nya.
selamat mencoba Bunda :)✅

2⃣Nisfa-- Assalamu'alaikum,Bun sya mw tnya bwt kulwapp nnti siang.sya mau tnya.anak saya akhir bln ini pas 2thn.blm mau ngomong bun,maunya cuman panggil papa,mama,bilang koko wktu d ksh koko crunch,blg tiku wktu d gudang ada suara tikus brisik.slain itu msh babbling dan berkata tnpa arti.untuk bahasa non verbal dan motorik mulut tdk ada masalah.ketika dia ada kemauan,dia bisa meniru apa yg sya ucapkan.apakah anak sya termasuk yg mengalami msalah fungsi otak sehingga menghambat bicaranya???apa yg hrus saya lakukan???✅

2⃣bunda Nifsa yang dirahmati Allah, tidak perlu risau bund, insha Allah Ananda masih dalam proses mengembangkan kemampuan bahasanya,

-Sebelum 12 bulan
Tahap awal perkembangan bicara adalah mengoceh (babbling). Seiring pertambahan usia (di usia sekitar 9 bulan), anak-anak mulai menggabungkan suara dan mengucapkan kata seperti "mama" dan "dada" (tanpa tahu maknanya). Dan, sebelum usia 12 bulan, anak mulai lebih tertarik begitu mendengar suara. Anak-anak yang kelihatannya memandang sesuatu tapi tanpa bereaksi harus diwaspadai sebagai tanda kehilangan pendengaran (hearing loss).

- Usia 12-15 bulan
Di usia ini anak-anak mulai menguasai satu atau dua kata bermakna (di luar kata "mama" atau "dada"). Biasanya kata-kata awal yang mereka kuasai adalah kata benda. Mereka juga mulai mengerti dan mampu mengikuti perintah sederhana, seperti, "Mama minta bolanya, ya?"

- Usia 18-24 bulan
Anak memiliki sekitar 20 kosakata di usia 18 bulan, dan berkembang menjadi 50 atau lebih kosakata ketika berusia 2 tahun. Di usia 2 tahun, anak juga mulai belajar menggabungkan 2 kata sederhana. Mereka mulai bisa mengikuti 2 perintah sekaligus, misalnya, "Ambil bolanya dan tolong berikan kotaknya, ya.".                        
yg bisa dilakukan sekarng adalah sering mengajaknya berbicara 2 arah, hindari komunikasi satu arah seperti menonton tv, main Hp (dan sejenisnya), ajak Ananda untuk cerita bergambar,, agar kosa katanya semakin banyak juga. kecemasan orang tua diperlukan jika Ananda pada usia 2 tahun belum mampu menyampaikan keinginannya, belum mau merespon jika diajak berkomunikasi, dan lebih memilih kegiatan fisik saat berkomunikasi (ex. ingin meminjam bola temannya tp diawali memukul temannya). semoga ananda selalu dlm keadaan sehat dan ceria :)✅

3⃣Ranindita--  ini kan mengenai tumbuh kembang anak dan stimulasi di masa golden age temanya,anak saya berumur 4,5 tahun bagaimana cara menstimulasi anak supaya dia berani berhadapan di depan umum,karena anak saya kadang kalau di suruh di depan kelas kadang malu,,,,
dan juga menstimulasi anak agar mau belajar dengan sendirinya,menumbuhkan rasa ingin tau yg besar

3⃣Bunda Ranindita yang di sayang Allah, ananda dengan usia 4,5 tahun  cara berfikirnya masih pada tahap pra-operasional, dimana ia cendrung menerima rangsangan yg terbatas. Keputusan yg diambil hanya berdasarkan intuisi, bukan atas dasar analisis rasional. Kesimpulan yang diambil merupakan kesimpulan dari sebagian kecil yang diketahuinya, dari suatu keseluruhan yang besar. Anak akan berpendapat bahwa pesawat terbang berukuran kecil karena itulah yang mereka lihat di langit ketika ada pesawat terbang yang lewat. sedangkan untuk melatih kepercayaan diri ananda,  sebaiknya memang mulai dilakukan sebelum dia masuk dunia interaksi keluar dr zona aman-nyamannya, yakni prasekolah. Dorongan tak kenal lelah dari orangtua akan membuat balita Anda makin menonjol di antara teman-temanya.

Bnyk orang tua yg br menyadari betapa kurangnya percaya diri anak ketika balita mulai memasuki dunia sosial. Sebelum masa itu datang, rasa ragu dan malu yang melanda anak saat harus berinteraksi dengan orang luar masih belum dipandang sebagai masalah dan cenderung dimaklumi. bebaskan dirinya untuk bereksplorasi. Hindari memberikan terlalu banyak batasan saat bermain maupun beraktivitas sehari-hari. Anak yang dibiarkan berekplorasi untuk memuaskan rasa ingin tahunya bisanya akn berkembang menjadi anak yang kreatif dan memiliki inisiatif. sehingga ia akn percaya dr saat berinteraksi dengan dunia luar.
Tanamkan citra diri yang baik terhadap dirinya. Buat ia merasa bahwa ia adalah anak yang berharga & dibanggakan oleh bunda dan ayahnya. Sampaikan citra diri positif ini lewat kata atau pesan tersirat lewat interaksi antara anak dan orang tua.Anak akan menjadi seorang pembelajar yang penuh keyakinan tinggi, hindari pelabelan negatif jk anak masih blm mau melakukan apa yg diinginkan orang dewasa disekitarnya. ingat 4P, Pujian-Penerimaan-Pemahaman-Positif. insha Allah, dengan kesabaran serta dorongan ananda akan tumbuh menjadi generasi yg paripurna.. 😃✅

4⃣ Ikha--
assalamualaikum Umma Ivvana..sy Ikha,mamanya Aru (2y10m)..pertnyaan saya:

1. anak sy sdh bs brjalan sejak umur 9m tapi fase merangkaknya tdk genap 1 minggu. apkh itu tdk akn mempengaruhi pertumbuhan n prkembangannya di kemudian  hari Umm?

2. anak sy mulai bisa mengucapkan mama,papa,maem sjak 4m,umur 2y berhitung bilingual 1-10,nyanyi2,dll..2,5y bs cerita dg bnar ttg aktftasnya di siang hari.skrg hampir 3y bisa ngerayu pak polisi yg mau menilang motor akibat slah jlan sampe akhrnya tdk jd kena tilang....dg kemampuan verbal spt itu tp knapa anak sy kadang gagap tiba2 ato malah bicaranya trlalu cpat smpe g bs dimengerti (hanya wktu trtentu)..kr2 apa penyebabnya dan solusinya apa Umm?

3.kami merasa kcerdasan verbal anak kami ckup menonjol kira2 apa yg bs kami lakukan untk memaksimalkan potensinya Umm?
terima kasih 🙏�🙏�🙏

4⃣Bunda Ikha yg dirahmati Allah, Merangkak adalah salah satu tonggak perkembangan motorik bayi, refleks alami yang membantu bayi mengontrol tubuhnya untuk berpindah tempat, sebelum dia bisa berjalan.  manfaat merangkak antara lain: Menguatkan leher, tangan, sendi &otot. Menguatkan otot besar & kecil, mengahaluskan kemampuan motorik kasar dan halus. Menunjang koordinasi mata dgn tangan, kekuatan, tegangan otot, keseimbangan, keterampilan jari. Melatih kedua belahan otak. Fase merangkak yang hannya sesaat, tentu kemanfaatannya tidak bisa diperoleh secara maksimal, yg bs dilakukan saat ini adlh ajak ananda bermain yang aktifitasnya banyak merangkaknya. misal mengambil barang dgn merangkak, menirukan gaya hewan berjalan,dll. syukur Alhamdulillaah, sepertinya kemampuan verbal ananda sangat menonjol dibanding teman seusianya, tentang sesekali gagap atau kontrol yg kurang sempurna tentu hal yang demikian dikarenakan usia ananda masih kurang 4 tahun. namun bisa diminimalkan dgn meminta ananda mengulang kembali apa yg ia maksud, misal : Bunda blm tau maksud nanda, bisa diulang?. atau, meminta ananda mengulang dgn speed lambat. jika anak gagap bisa disebabkan kotrol yg kurang atau kecemasan yg ia alami, jika dibiarkan akan fatal menjadi kebiasaan, saran saya jk ananda sedang 'gagap' tidak dikageti/dimarahi/ dilabel negatif, dan meminta nanda bersabar untuk mengulang apa yg ia inginkan. Verbal yg kuat biaanya pendengarannya jg kuat, untuk memaksimalkan potensi ananda yg menonjol di verbalnya, orang tua bs mengajak ia menghafal Al-Quran dgn cara mendengarkan, bisa melatih ia berpidato, anak dengan verbal yg kuat cenderung sebagai pendamai diantara temannya. orang tua hendaknya jk ada pembahasan mengenai masalah orang dewasa tidak disekitar ananda, atau tayangan sinetron dan sejenisnya, krn hal ini akan merusak potensi verbalnya ke arah positif. semoga bisa menjawab pertanyaan bunda :)✅

5⃣ Dewinta-- Assalamu'alaikum Umma Ivana..
Bagaimana seharusnya dlm menyikapi masa golden age ini, di lingkungan saya bnyk yg beranggapan bahwa dlm masa keemasan ini anak bagai sponge yg dpt menyerap berbagai hal dgn cepat, sehingga semua kebaikan, stimulasi dan berbagai pengajaran dijejalkan kpd anak, mengisi anak dgn sebanyak2 pengetahuan (inside in) sedangkan jika sesuai fitrahnya tugas kita hanya sebagai fasilitator yg bertugas menumbuhkan gairah fitrah mereka (inside out). Serta cara2 apa saja untk menumbuhkan gairah fitrah mereka di golden age ini. Matur Nuwun 😊

5⃣benar sekali apa yg disampaikan bunda, banyak perumpaan posisi anak pada masa golden age ini. karena anak dalam kondisi 'kosong' sedangkan otaknya sedang berkembang dgn pesat, tentu saja kita sebagai orang tua ingin memaksimalkan masa ini dengan maksimal. namun, perlu kita pahami tahapan kognitif anak, agar kita tidak memerlakukan anak di luar tahap perkembangannya,serta dpt memberikan stimulasi yg efektif yg sesuai dgn kebutuhan anak berdasarkan tahap perkembangannya. misal anak usia 2 tahun belum mampu berpikir secara abstrak seperti pada usia 11tahun. karena setiap anak dilahirkan dgn kemampuan belajar, namun anak-anak akan kehilangan minat belajar jika materi yg diberikan terlalu mudah atau terlalu sulit. Tentang menumbuhkan Fitrah anak pd masa golden age, kita maksimalkan Fitrah keimanan dibangkitkan dengan keteladanan dan atmosfir keshalihan di rumah, misalnya wajah yg ceria ketika mendengar adzan atau antusias dalam berinfaq, menolong sesama dan hal2 terkait kebenaran dan amal shalih lainnya dstnya. Fitrah belajar dibangkitkan dengan idea2 dan gagasan2 menantang dari peristiwa keseharian atau masalah keseharian atau minat anak pd obyek belajar tertentu. Jangan banyak bertanya, tetapi pancinglah agar anak bertanya dan mencari jawabannya bersama. Fitrah bakat dibangkitkan dengan perbanyak aktifitas yg disukai lalu konsisten menjalaninya.

Jika fitrah keimanan tumbuh subur maka anak akan beriman, ridha pada kebenaran dan mencintai Allah dan RasulNya sepanjang hayatnya, mendalami agama sebagai petunjuk hidup terpenting bukan sekedar hafalan dan jumlah pengetahuan yg dikuasai dsbnya.

Jika fitrah belajar tumbuh subur, mereka akan belajar mandiri dan inovatif sepanjang hayatnya.

Jika fitrah bakatnya tumbuh subur, mereka akan menemukan peran sejatinya yg merupakan panggilan hidupnya lalu bahagia menjalaninya sampai mati. semoga kita sebagai orang tua mampu menjalankan misi pengembangan fitrah pada ananda dgn baik. :)✅

*DISKUSI BEBAS*
🔁 Bunda ivvana mohon maaf saya penasaran sekali dg andalusia..mgkn bsa sdkt djelaskan konsep andalusia sperti apa n untuk anak usia brp? (Bunda friska)

@bunda friska, Terimakasi Bunda Friska atas atensinya... Andalusia kids After School, berdiri dibawah lembaga Solusi Psikologi Indonesia yg lebih banyak aktifitasnya dipendampingan serta edukasi. Andalusia Kids ada karena kami merasa banyak anak-anak di usia emasnya tdk mendapatkan stimulasi yg tepat untk mengembangkan potensinya. siapa sj sasaran kami? Yaitu ananda2 yg memang membutuhkan peran kami untuk membersamai mereka, yang tidak ada teman bermain sebaya, yang kebetulan  bunda2 sholihah hy memiliki waktu sedikit untuk menstimulasi anada, serta ananda yang memang memerlukan pengembangan potensinya berupa kemampuan sensori, motori, sosio emosi. selain itu pendekatan Adab dan fitrah  tetap menjadi landasan kami. :)

aslinya simpel kok bunda, hanya permainan2 sederhana saja, yg kami kelompokkkan sesuai dgn kebutuhan berdasarkan usia, dan berbasis terapi, karena kami meyakini setiap anak itu unik, perkembangan setiap anak tidak akan sama. misal ananda A usia 4 tahn lemah dikontrol memakai lem, maka saat kegiatan kita latih agar mampu mengontrol lem dgn baik. dll.

Ananda yg ada di Andalusia Kids tdk hy ananda2 yg 'normal' namun ada ananda2 yg 'spesial'. monggo para bunda kalau ingin main ke tempat kami. :D

🔁maaf Bunda,mau nanya lagi
anak sy yg blm gnap 3th ini,bulan lalu dikunjungi neneknya,2hr stlh neneknya pulang, bicara ditelfon "Aru,sehat2 ya Nak,skrg nenek sdh di rumah" tiba2 Aru naruh hp pergi sambil kluar air matanya banyak tp gak bersuara dan gak mau bahas neneknya sampe sejam kmudian. apkh wjar anak 3y punya emosi spt itu Bun?sbaiknya apa yg bs sy lakukan? (Bunda ikha)

@ BUnda Ikha, bisa jadi ananda memiliki kesan yg baik selama ada nenek berkunjung di rumah, wajar saja bun, dia sdh menyadari konsep jk ada orang baik maka ia akan menyayanginya. sering-sering saj berkomunikasi dgn nenek bs lwt telp, video call, atau berkunjung, agar trust semakin terjalin dgn baik. yg perlu dihindari mungkin membuat suasana yg semakin 'heboh' saattele komunikasi, misal, merespon anak dgn berurai air mata jg. semoga pola kasih sayang nenek yg diterima ananda sesuai porsinya, bukan malah membuat ananda 'ngalem' dll. semoga nenek dan nanda sehat selalu 🙂

Postingan populer dari blog ini

Hati ini milik Allah... <3

Hai hati, apa kabarmu hari ini? Aku berharap engkau sebaik yang aku inginkan... Bahkan lebih dari itu... Nice! I got my true feelings... Im hurt. Cause this missing piece. Hey, you over there, have you feel the same feelings like me? Sudahhh... Aku memang perlu untuk harus menganggap waktu dan jarak hanya sekedar angka. Bukan lagi sebagai kerangka yang membuatku semakin tua dalam hitungan angka itu, kan? Sisa waktu long distance semakin tipis saja, itu tandanya temu akan segera tergapai. Tapi jangan lupakan... Itu pula tanda long distance relationship ini semakin lama kita nikmati. Sebagaimana roti yang harus kita nikmati dengan selainya, entah coklat, susu, kacang, atau sekedar madu. Begitupula hubungan ini. Hak sepenuhnya ada di tanganmu, sayang. Harapku tak rumit. Hanya inginkan semua baik-baik saja, sampai berujung temu yang bukan sekedar harapku. Tapi juga harapmu. So? Will you go in chance make it come true? Or you just wanna make it enjoy by your side only? Entahlah. Hati in...

karena Allah semuanya mudah...

RePost kali ini lupa asalnya dari mana... Hikz. :(:(:( Tapi, don't worry be happy... Post ini tetep inspiratif dan motivational banget khususnya buat para istri, ibu rumah tangga, yang bekerja full untuk keluarga tanpa bantuan assistant rumah tangga. Kalian hebat, semoga berbalas surga... :):) Bagus nih dibaca, apalagi saat semangat luntur. Atau capek-capeknya kita... ::ISTRIKU... BERHENTILAH MENGELUH!!!::   Kisah ini menceritakan sepasang suami istri yang memiliki tujuh orang anak. Suatu hari, suaminya melihat sang istri sedang menangis sambil memasak makanan. Melihat hal itu, suami bertanya, “Wahai Istriku, apa yang terjadi denganmu? Apa yang membuatmu menangis?” “Aku menangis karena merasa sangat lelah dalam mengurus keluarga dan melakukan semua pekerjaan rumah,” sahutnya. “Aku mengurus tujuh anak kita dengan berbagai tabiat mereka. Aku harus menyediakan makanan, membereskan rumah, mencuci baju yang sangat banyak. Aku bekerja 24 jam sehari....

Nonton yuck : How To Train Your Dragon I & II

Pernah nonton how to train your dragon? Kalau belum, film ini recommended banget buat kalian. Film pertama dulu, aku nonton sama suami. Home theatre di rumah. Ceritanya dijamin gak bikin kalian yang nonton kecewa. Memang sih, dari judulnya berkesan banget kalau film ini beda dari yang lain. Biasanya beberapa film memilih judul yang pendek, bisa diambil dari salah satu karakter, atau dari nama tempat, atau kapan kejadian itu terjadi. Contoh, Shrek , Kungfu Panda , The Maleficient , 2012 , dsb. Tapi di film ini panjang banget judulnya... Ya emang ada sih judul film yang juga panjang, a cloudy with a chance of meatballs contohnya. Ok! Tapi bukan tentang menarik atau tidaknya suatu judul, bukankah isi lebih penting? Di film ini, bener-bener bisa nguras emosi penontonnya, lengkap. Mulai dari petualangan, romance, pertemanan, dan keluarga. Kalian yang nonton, pasti akan menempatkan diri sebagai si ganteng Hiccup, seorang anak kepala suku. Dimana suku ini menganggap naga sebagai musuh ter...