RESUME KULWAPP IIP MALANG RAYA #1
Kamis, 7 Januari 2016
Narasumber: Abah Rama
Host: Andita A. Aryoko
Co Host: Maya Rismala
Tema: Memahami Passion
PASSION
Apa itu passion ?
Saya mendefinisikannya dengan sebutan “3-E activities” (Enjoy Easy Excelent Activities) yaitu kegiatan yang sangat disukai, mudah mengerjakannya dan hasilnya bagus.
Akan tetapi karena tugas utama manusia di bumi ini adalah memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi orang dan atau lingkungan maka passion yang kita cari adalah passion yang produktif atau 4-E activities. (Enjoy Easy Excellent Earn).
Passion yang Enjoy Easy Excellent Activities disebut sebagai Hobi
Passion yang Enjoy Easy Excellent Earn Activities disebut sebagai Kekuatan ( dalam beberapa buku disebut sebagai Bakat)
Bagaimana menemukannya ?
Karena Passion selalu terkait dengan aktivitas maka untuk menemukannya, lakukanlah aktivitas yang beragam sebanyak dan sesering mungkin dan rasakan Enjoy Easy Excellent-nya yaitu apakah ketika melakukan nya terasa menyenangkan, mudah dan hasilnya baik?
Bagi anak kita juga sama, berikanlah kesempatan bagi mereka untuk melakukan aktivitas yang beragam
Aktivitas mana saja yang perlu ?
Ada 30 Aktivitas produktif terkait sifat yang masuk dalam 8 kelompok yaitu
I. Interpersonal
1) Interpersonal mempengaruhi orang
2) Interpersonal bekerjasama dengan orang
3) Interpersonal melayani orang
II. Individual
4) Individual menggunakan otak kanan (intuitif)
5) Individual menggunakan otak kiri atas (logika)
6) Individual menggunakan otak kiri bawah
7) Individual menggunakan motivasi diri di dalam ruangan
8) Individual menggunakan motivasi diri di luar ruangan
Dan 15 Aktivitas produktif terkait fisik / indera.
Apabila seseorang pernah melakukan ke 45 Aktivitas tersebut maka dia akan tahu mana yang dia suka yang mudah dikerjakan dan yang hasilnya bagus dan umumnya sebanyak 5 sd 9 aktivitas.
Question and Answer
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
1.Bunda Maya
Assalamualaikum
Abah sy ingin bertanya sejak usia berapa kita bisa melalukan mapping passion ke anak bah?
Lalu utk usia 2th apa yg bisa dilakukan utk mengetahui passion anak?
Terima kasih
1.Abah Rama
Wassalamualaikum
passion itu terlihat setelah seseorang melakukan aktivitas
itu sebabnya mereka yang pernah melakukan banyak aktivitas yang beragam lebih cepat menemukan passionnya
saya pernah melihat anak umur 8 tahun yang menemukan salah satu passionnya karena banyak menonton kegiatan di youtube dimana dia tertarik dengan story telling dalam bahasa inggris
juga anak 10 tahun di youtube tertarik dalam membuat kue #
2.Bunda Lia
Assalamualaikum Abah
Bagaimana jika kita sudah menemukan passion kita tapi mendapat larangan dr suami karna passionnya membuat istri harus aktif diluar. Terimakasih
2.Abah Rama
Wassalam
passion itu tidak hanya satu, bisa banyak sehingga bisa berunding dengan suami mana yang bisa dilanjutkan mana yang tidak bisa
saya sempat bertemu seorang istri yang potensi kekuatannya banyak dan setelah berunding maka dipilih yang dapat ijin dari suami#
3.Bunda Susi
Assalamu alaikum wrwb. Apakah setiap usaha/bisnis yg didasarkan pada passion akan selalu sukses? Apakah usaha/bisnis yg tdk didasarkan pada passion akan selalu gagal?
Hal2 apa sj yg perlu diupayakan/diperhatikan agar bisnis yg tdk sesuai passion itu bisa sukses?
Jazakillah khoir atas jawabannya.
3.Abah Rama
Ada jalan sukses ada cara sukses (seperti kerja keras ,pantang menyerah dlsb), awalnya yang harus kita temui adalah jalannya dulu dan jalan sukses itu adalah urusan kita dengan Allah sedangkan cara sukses adalah sepenuhnya urusan manusia. Itu sebabnya minimum 17 kali setiap harinya kita mohon doa untuk ditunjukkan jalan yang lurus bukan cara yang benar. Passion adalah tanda tanda jalan sukses jadi kita harus benar benar meyakini bahwa itu benar benar jalan kita yang Allah berikan
setelah meyakini itu tentunya harus berusaha sekuat tenaga dan pikiran menjalaninya
akan tetapi ukuran sukses disini bukan materi melainkan seberapa besar manfaat nya bagi orang lain dan atau lingkungan #
4.Bunda Rizka
abah, bagaimana jika kita memliki potensi unggul di suatu bidang A misalnya dan akan cemerlang di bidang tersebut tetapi kita lebih enjoy melakukan di bidang lain ssuai passion tetapi "krg menghasilkan"
bagaimana menyikapi hal tsb
terima kasih
4.Abah Rama
itu tadi yang saya maksud dengan arti sukses...saya pernah menjadi dirut selama 30 tahun ( yang mungkin cukup menghasikan) dan saat ini saya menjadi guru (yang boleh disebut kurang menghasilkan) akan tetapi saat ini saya merasa "lebih bermanfaat bagi orang banyak" ketimbang dulu
jadi tergantung definisi suksesnya#
5.Bunda Putri
Abah rama, Ciri dari passion salah satunya qt enjoy saat mengerjakan.
Bagaimana membedakan passion dan ketertarikan sesaat.? Dan bagaimana menjaga agar passion qt tetap menyala.
Terimakasih, Putri
5.Abah Rama
Passion yang benar itu biasanya terus menerus dan muncul dari dalam diri kita bukan karena hal hal diluar diri kita dengan begitu passion akan tetap menyala#
6.Bunda Barit
Menanggapi jawaban no.1, beragam aktivitas itu apakah membiarkan anak mengeksplor sendiri kemampuannya utk anak 1 tahun misalnya, terkadang mereka suka skali mengotak atik, atau memporak poranda barang2, kdg jg mereka sgt antusias sekali dgn satu benda?
Apakah bisa di usia ibu2 msh mencari passion yg sesuai dgn dirinya?Barit
6.Abah Rama
30 AKTIVITAS TERKAIT SIFAT
INTERPERSONAL DIATAS ORANG
1. MENGENDALIKAN ORANG
Mengatur dan mengawasi orang dalam melaksanaan tugas dengan cara yang keras
2. MENENGAHI KONFLIK
Mengatasi dan menyelesaikan konflik antara dua fihak berseberangan
3. MENGATUR ORANG
Mengatur orang untuk bekerja sama melakukan suatu tugas
4. BERJUALAN
Menjual produk atau layanan dengan berbagai cara agar orang lain mau membelinya
5. MENYELEKSI ORANG
Memilih dan merekrut seseorang sebagai pekerja atau anggauta
INTERPERSONAL SEJAJAR ORANG
6. MENGKOMUNIKASIKAN
Menyampaikan informasi secara lisan dengan cara yang mudah dimengerti
7. MEWAKILI
Menjadi perwakilan disuatu tempat dengan membangun jaringan melalui kontak dengan klien atau fihak lainnya
8. MEMOTIVASI
Mendorong , memberi semangat pada satu atau sekumpulan orang agar bisa lebih sukses
9. MENDIDIK
Mengajar, menyampaikan , melatih ilmu dan atau keterampilan agar bisa difahami oleh orang lain
INTERPERSONAL DIBAWAH ORANG
10. MERAWAT
Menaruh perhatian / merawat orang yang memiliki masalah fisik, medis atau kesejahteraan umum
11. MELAYANI
Melayani orang lain sebagai pekerjaan, tugas ataupun keinginan yang tulus
INDIVIDUAL OTAK KANAN
12. MERANCANG
Membuat gambar dari sesuatu [ bangunan, produk ] yang direncanakan untuk dibuat (yang memperlihatkan bagaimana cara membuatnya)
13. MENCIPTA
Menggunakan imajinasi untuk menemukan suatu rancangan, produk atau layanan yang terbaru
14. MENSISTESIS
Mengkombinasikan berbagai elemen, ide dan indormasi menjadi sesuatu yang baru
15. MEMASARKAN
Aktivitas strategis untuk memperagakankan produk melalui iklan, brosur , demo dll agar orang tertarik untuk membeli
16. MEMBUAT STRATEGI
Memilih atau merencanakan jalan terbaik menuju tujuan
17. MEMBUAT VISI
Kegiatan mengantisipasi masa depan secara bijak dan menentukan tujuan jangka panjang yang benar
INDIVIDUAL OTAK KIRI
18. MENGANALISIS
Aktivitas hitung menghitung dan menganalisis data
19. MENATA KEUANGAN
Menata keuangan dengan catatan yang rapih dan tanpa kesalahan
20. MEMULIHKAN
Memperbaiki, mengembalikan sesuatu [peralatan, sistim, manusia] ke fungsi semula
21. MENGEVALUASI
Menimbang atau mempelajari , dalam rangka memutuskan sesuatu terkait nilai, mutu, kepentingan atau kondisi
22. MENELITI
Melakukan penelitian terhadap suatu subyek secara metodik untuk menemukan fakta fakta, memperbaiki atau membuat teori baru
INDIVIDUAL SEMANGAT DIRI
23. MENULIS
Menulis artikel, ide, dokumen, cerita ataupun alat bantu pendidikan
24. MENGINTERPRETASI
Menjelaskan arti atau makna dari sesuatu
25. MENATA ADMINISTRASI
Mengetik , memasukan data, menyimpan , merapihkan dan mengambil dokumen, berkas, artikel dlsb
26. MEMPRODUKSI
Memasang , memproduksi, membangun mesin atau bangunan
27. MENJAGA MUTU
Memeriksa dengan seksama agar mutu produk yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan
28. MENJAGA KESELAMATAN
Menjaga keselamatan dan keamanan risiko bahaya atau kecelakaan
29. MENDISTRIBUSI
Mengirimkan sesuatu [barang, surat, artikel] pada saat yang hampir bersamaan ketempat atau daerah tertentu
30. Mengoperasikan
Membuat sesuatu [mesin, peralatan, proses, sistem] berjalan / beroperasi
15 AKTIVITAS TERKAIT FISIK
1. AKTING
Beraksi mengexpresikan peran sebagai aktor / artis
2. MENATA KECANTIKAN
Merias atau menata kecantikan
3. SENI LUKIS
Kegiatan yang berkaitan dengan seni visual seperti melukis, komunikasi visual, gambar dlsb
4. SENI MUSIK
Kegiatan yang berkaitan dengan seni musik
5. MENYANYI
Bernyanyi didepan penonton
6. MEMPERAGAKAN BUSANA
Kegiatan memperagakan busana
7. MENARI
Menampilkan gerakan tubuh yang indah dan harmonis yang diiringi irama tertentu
8. MEMASAK
Membuat dan menyiapkan makanan / kueh
9. MEMELIHARA LINGKUNGAN
Menjaga sesuatu, khususnya sumber daya budaya dan lingkungan dari bahaya kehilangan, kerusakan, perubahan atau kelapukan
10. KETERAMPILAN TANGAN
Pekerjaan dimana dibutuhkan keterampilan tangan, kecepatan tangan
11. KERAJINAN TANGAN
Pekerjaan dimana dibutuhkan ketelitian, kerajinan tangan
12. KETERAMPILAN FISIK
Menggunakan fungsi koordinasi fisik seperti memanjat, mengontrol dan mengoperasikan peralatan, dll
13. BERCOCOK TANAM
Bertani : menyiapkan, menyemai, menanam, menumbuhkan, memelihara, memangkas, dll
14. BEROLAHRAGA
Melakukan kegiatan olahraga tertentu dengan berprestasi
15. Berternak
Memberi makan, merawat, melatih, mengembangkan biakan binatang
jadi usahakan agar anak kita sesuai dengan usia tentunya mengalami berbagai kegiatan yang 45 diatas dan tugas orang tua adalah memfasilitasi dan mengobservasi diaktivitas mana saja 4E nya muncul, tentu akan lebih baik apabila dimulai dengan memahami diri kita sendiri #
7.Bunda Lana
Bagaimana menyeimbangkan antara passion dan kebutuhan?
Lana
7.Abah Rama
memang pada kenyataannya kita harus mendahulukan kebutuhan karena dari awalnya sudah salah dan untuk itu ada baiknya kalau memang sudah menemukan passionnya, mulai melakukan aktivitas paralel #
8.Bunda Putri
Abah rama,
Saya punya saudara yg autis ringan. Kami melihat anak ini tertarik pada memasak dan juga suka menggambar kendaraan sampai detail. Bagaimana kami menggali passionnya dan mengkomunikasikan pd org tuanya.? Lalu sekolah seperti apa yg cocok krn untuk sekolah formal dia agak kesulitan.
8.Abah Rama
saat ini memang banyak orangtua yang masih berpikir bahwa Knowledge selaras dengan kesuksesan artinya semakin banyak belajar formal disekolah semakin pintar dan semakin sukses. Kenyataannya kalau kita flash back mengingat teman teman yang dulu pintar banget ternyata karirnya biasa biasa saja,akan tetapi mereka yang bandel bandel kok malah banyak yang sukses
tentunya sekolah yang cocok bagi dia bukan "pabrik siswa" akan tetapi "taman siswa" dimana walaupun tamannya sama kalau tanamannya berbeda maka perlakuannya juga harus berbeda jadi bisa Home Schooling atau Sekolah Alam#
9.Bunda Rizka
abah, bagaimana cara memfokuskan passion agar lebih terarah pada beberapa kasus anak "multi talented"
9.Abah Rama
memang ada beberapa orang yang dianugerahi "multi talented", jadi kita harus kembali kepada maksud Allah ketika memberikan "keistimewaan unik" yaitu agar bisa memberi manfaat sebesar besarnya. Dengan begitu pilihlah Bakat bakat yang paling besar menghasilkan manfaatnya bagi orang lain dan atau lingkungan.#
10.Bunda Asih
Bagaimana kaitan antara passion yang menghasilkan (passion produktif) dengan FOKUS? Singkatnya, apakah kita harus fokus jg pada suatu passion yg menghasilkan tersebut atau bisa saja melakukan beberapa passion karena rasanya ingin melakukan semuanya tapi jadinya tidak fokus?
10.Abah Rama
Ada beberapa kasus dimana seseorang melakukan beberapa passionnya secara paralel dan semuanya berjalan walaupun pada umumnya sebaiknya fokus pada yang paling produktif #
11.Bunda Ulfa
Assalamualaikum, bagaimana jika kita suka sesuatu hal, tp ternyata ketika di pelajari lebih mendalam, sepertinya kurang berhasil, apa berarti itu bukan passion kita? Atau kita blm menemukan cara bljar yg sesuai saja?
11.Abah Rama
rumusnya 4E Enjoy Easy Excellent Earn kalau belum maksimal akan tetapi setiap dilakukan berulang ulang selalu membuat kita semakin bersemangat dan membaik itu berarti sudah benar sebaliknya apabila kita kerjakan berulang ulang dan semangat bahkan berkurang maka itu bukan passion kita
oh iya silahkan kunjungi situs www.temubakat.com kalau belum tahu
12.Bunda Jervine
Saat qt memberikan berbagai aktifitas. Ada anak yg baru saja stgh menit main bola, terus liat sepeda main sepeda, bentar kemudian liat sekop ikutan mainan sekop.
Apakah itu termasuk hiperaktif (krn jeda antar aktifitas sgt dekat) atau memang dy dalam masa pengen tau segala hal?
Usia anak 2thn
12.Abah Rama
menurut saya, dia masih ingin tahu karena diusia itu keingin tahuannya besar #